Ayo Berbuatbaik!

Berbagi Sahur Batch #3 – Kampung Ciasihan

Kampung Ciasihan Berbagi Sahur 3Memasuki penghujung bulan Ramadhan ini, saya kembali mengemban amanah untuk menyalurkan sedekah dalam rangkaian program Berbagi Sahur dari ABBR.

Kali ini saya membagikan makanan sahur di Kampung Ciasem, Desa Pasarean di Wilayah Pamijahan, Bogor.

 Mayoritas warga di Kampung Ciasem ini adalah buruh tani yang tidak memiliki ladang sendiri. Secara umum, kondisinya lebih memprihatinkan dibandingkan dengan Kampung Masjid (tempat saya menjalankan aktivitas Berbagi Sahur pertama kali), bahkan, fasilitas umum seperti MCK pun tidak dapat ditemukan ketika saya pertama kali datang ke daerah ini. Hal serupa saya dapati ketika saya mengunjungi pesantren disana, padahal pesantren itu memiliki santri yang cukup banyak (sekitar 100 orang santri). Selain itu, warga di Kampung Ciasem ini juga tidak memiliki fasilitas umum penunjang untuk mendapatkan air bersih. Walhasil kualitas hidup, khususnya kebersihan masyarakat disana betul-betul jadi hal yang memprihatinkan. Bahkan sejauh yang saya tahu, bantuan sosial dari yayasan-yayasan kemanusiaan juga belum pernah sampai ke daerah ini.

Berdasarkan hal itulah saya memutuskan bahwa warga Kampung Ciasem ini adalah mereka yang betul-betul harus dibantu. Ketika program Berbagi Sahur dijalankan, masyarakat disana sangat senang dan antusias. Semua orang bahu-membahu untuk membantu pelaksanaan acara pada saat itu. Mulai dari ibu – ibu yang memasak dan meyiapkan makanan, hingga orangtua dan anak – anak muda yang ikut membagikan 200 paket santap sahur kepada yang lainnya.

Kampung Ciasihan Berbagi Sahur 2 vvv Kampung Ciasihan Berbagi Sahur 4

Suasana ketika itu benar-benar meriah sekaligus mengharukan. Baru kali ini ada para penderma yang mau berbagi makanan sahur untuk mereka. Melihat sorot mata dan senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para penduduk pada saat itu adalah pengalaman yang benar-benar tidak ternilai. Kami betul-betul bersyukur pada Tuhan dan berterimakasih kepada semua sahabat berbuat baik! Semoga kebaikan seperti ini bisa terus dilakukan, tidak hanya pada bulan Ramadhan saja.

Dilaporkan oleh:
Mulyadi
DoGoodThing Hero
Berbagi Sahur Batch #3
Pamijahan, Bogor