Ayo Berbuatbaik!

Banjir Bandang Garut

Seorang sahabat menulis status medsosnya sebuah kalimat populer : manusia berencana, Tuhan menentukan. Ternyata bencana Banjir Bandang di Garut kira-kira terjadi seperti itu.

Salah satu peraih Kalpataru tahun 2014, Mang Ipin, seorang pejuang lingkungan asli Garut berencana untuk melakukan penghijauan dan mengembalikan alih fungsi lahan di hulu sungai Cimanuk sesuai kodratnya semula, mengingat di sana banyak sekali terjadi alih fungsi lahan maupun di bantaran sungai. Ternyata Tuhan berkehendak lain dengan mendahulukan bencana sebelum niatan mang Ipin terlaksana.

Mang Ipin,

Eksistensi Tiada Arti Tanpa Esensi: Kisah Mang Ipin, Peraih Kalpataru 2014

Situ Ciseupan, 19 Okt 2016

 

Ternyata, jauh sebelum bencana Banjir Bandang di Garut mang Ipin sudah berfirasat bahwa akan ada bencana yang berhubungan dengan air karena perubahan peruntukan lahan di bagian hulu sungai Cimanuk.

Atas dasar bukti kemauan keras mang Ipin dan rencana penanganan pasca bencana jangka panjang, maka kami, ABBR sebagai Goodthing People Matchmaker, bersama teman-teman pendekar lingkungan hidup Rawayan, Rekapala & Taft Diesel Indonesia chapter Garut akan bergotong royong untuk mengembalikan alih fungsi lahan di hulu sungai Cimanuk kembali ke kodratnya tanpa mengganggu nilai ekonomi yang telah berjalan serta berujung pada pencegahan hilangnya sumber air bagi kota Garut dan banjir bandang pada generasi mendatang.

mang-ipi-n-friends

Program ini sama sekali bukan program sekali tembak lalu termasyur, tetapi merupakan program jangka panjang serta akan memakan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasilnya, persis seperti sebuah program CSR yang menarik bagi perusahaan yang serius dalam memperhatikan lingkungan.

Program dimulai tanggal 18 Oktober 2016 ini, selangkah demi selangkah menyesuaikan segenap kemampuan fisik, mental dan material meniru semangat mang Ipin yang tidak kenal surut dengan peribahasanya yang cukup menampar ; daripada menunggu roti dari Belanda, lebih baik makan singkong yang ada di depan muka.

Batch pertama untuk pasca bencana ini -yang memang sudah dari awal diproyeksikan khusus pasca bencana- ABBR berhasil mengumpulkan dana dari kitabisa.com yang selanjutnya akan didonasikan ke program pemulihan masyarakat serta investasi alat-alat rescue rekan-rekan institusi lokal yang berkompeten di Garut.